Monday, January 30, 2017


 


**Warning: Buat orang Palembang asli dan sedang merantau jauh, post ini bisa berakibat kangen rumah, pempek, dan cuko.

Since kita berdua adalah orang Palembang asli yang kebetulan sedang menetap di Jakarta, jadi pulang ke kampung halaman adalah hal wajib yang dilakukan paling nggak setahun sekali. Kali ini, Dwi akhirnya pulang juga ke Palembang dan langsung mampir ke tempat makan yang selalu menjadi tujuan nomor satu kalo pulang. Tak lain tak bukan adalah Vico! Tempatnya sebetulnya ada dua di Palembang, tapi hanya satu yang paling terkenal dan sering didatangi orang-orang karena letaknya di tengah-tengah kota, bahkan berseberangan dengan Palembang Indah Mall (PIM). Tempatnya emang kurang nyaman untuk berlama-lama ataupun nongkrong. Karena ini memang dikhususkan untuk tempat makan aja, makanya jangan harap ada wifi disini. Yang paling terkenal disini adalah pempek dan es kacang merahnya!

Pertama datang, langsung dihidangkan satu porsi pempek berbagai jenis yang isinya ada 10. Ada keriting, kulit, tahu, lenjer, pastel, dan telor (@3.5 K). Bisa customizable kok, kalo kalian hanya suka pempek telor dan kulit, bisa request kalo yang lain diganti. Cukonya? Mantep sekaleeee, kental, asamnya pas, pedasnya bikin nagih, dan ada sedikit hint rasa manis.


Mie Ayam Baksonya juga dahsyat! Mienya kenyal, disuguhkan dengan bakso 3 biji yang cukup kenyal, dan kuahnya meskipun sederhana tapi surprisingly bikin nagih.

 Selain menu yang berbau Palembang, disini juga ada Pecel. IMO, pecel mereka sangat biasa (enak banget enggak, enggak enak juga enggak), jadi ada baiknya mending coba menu Palembang yang lain, yang lebih worth to try.

Sebagai dessert, despite of Es Kacang, I decided to order Es Campur. Isinya campur-campur dan seperti pada umumnya ada kacang merah, tape, cincau hitam, dan cincau. Es serutnya menggunung ke atas dan diguyur dengan santan serta dilengkapi dengan susu kental manis putih dan coklat. Sumpah, ini guilty pleasure banget. Manisnya pas, segernya dapet, dan sangat bikin nagih.



Di tiap meja juga dilengkapi dengan jajanan pasar khas Palembang yang bisa dicoba, misalkan Srikaya khas Palembang. Tapi karena perut sudah keburu full, akhirnya gak nyobain. Tapi, buat kalian yang lagi traveling ke Palembang, gak ada salahnya untuk mencicipi kue ini.


Pempek & Es Kacang Vico

Jalan Letkol Iskandar, 24 Ilir, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113, Indonesia
Opening Hours: 10.00 - 20.00

0 comments:

Post a Comment